✿ NILAI BERITA [NEWS VALUE]

 AKTUAL - Apakah kejadiannya baru saja? Berita mesti segar supaya
berguna bagi pembaca.
 DAMPAK — Berapa banyak orang yang terpengaruh oleh kejadian yang akan
diberitakan? Seberapa serius dampaknya terhadap mereka?
 KEDEKATAN — Sebuah kejadian akan menjadi lebih penting jika lokasinya
dengan pembaca. Gempa bumi di seberang samudera tak bakal semenarik
tabrakan beruntun di lingkungan pembaca.
 AUDIENS — Siapa mereka? Jawaban pertanyaan itu akan membantu menentukan
apakah sebuah kejadian layak diberitakan, dan jika benar, dibagian mana
ia akan ditempatkan?
 DRAMA/KONFLIK — Ini bumbu terpenting dunia narasi. Tanpa konflik,
banyak literatur, drama dan film yang bakal hambar. Dari Shakespeare
sampai Disney, konflik selalu memegangperan penting. Koran, majalah dan
radio juga begitu.
 NAMA — Nama membuat berita dan nama besar menjadikan berita semakin
besar. Orang kebanyakan selalu ingin tahu segala hal tentang jutawan
dan atau selebriti, misalnya.
 KEUNIKAN — Yang "pertama", yang "terakhir", "satu-satunya" punya
kekuatan tersendiri untuk membetot perhatian pembaca atau pirsawan. 


NILAI BERITA [NEWS VALUE]

Objektif: berdasarkan fakta, tidak
memihak.
Aktual: terbaru, belum "basi".
Luar biasa: besar, aneh, janggal, ti
umum.
Penting: pengaruh atau dampaknya bag
orang banyak; menyangkut orang
penting/terkenal.
Jarak: familiaritas, kedekatan
(geografis, kultural, psikologis). 


TOTAL PENAYANGAN LAMAN

Diberdayakan oleh Blogger.

Datos personales